Rabu, 02 Maret 2011

service tv samsung

Service TV SAMSUNG

Kata empunya TV gara- gara ada petir menyambar tiang listrik di depan rumah.
Untungnya TV pada posisi Off dengan antena masih terpasang.

Hidupkan TV dan masuk menu service coba rubah data yang mencurigakan dan ternyata tidak ada perubahan sampai akhirnya diputuskan mengganti IC memory baru dan kosong.

Kemudian masuk menu service dan kembali merubah data yang ada dan ditemukan pada data AKB setelah dirubah nilainya dari 0 menjadi 1....>>> jreng keluar raster / salju.
Coba keluar dari menu service dan di auto search akhirnya satu persatu gambar nyantol. Cuma anehnya gambar sangat redup seperti kehilangan kontrasnya cek level kontras sudah tinggi di adjust tidak berpengaruh, tetapi OSD cukup kontras.

Dilanjutkan pengecekan pada jalur ABL dari flyback menuju IC utama, semua R, C dan ada satu TR terukur masih bagus.
Sambil dihidupkan ukur tegangan ABL ada 4 volt dan terhenti pada pin basis TR, Emitor TR terhubung ke ground melalui R dan Colektornya terhubung ke pin BCL IN pada IC utama.

Dari sinilah sepertinya terjadi kejanggalan, seharusnya pada pin BCL IN ada tegangan karena disitu ada elco 16v berapa mikro lupa dan ada DZ 5V. Coba diukur dengan X10 spertinya ada kejanggalan tester hampir mentok. Angkat TR, Dioda zener dan elco diukur masih bagus semua dan ternyata yang koslet adalah pin BCL IN nya.

Kesimpulannya mesti ganti IC baru tapi setelah telpon kesana kemari stok tidak ada mesti ke SC.
Sambil berpikir ahirnya punya ide, seperti TV samsung CB21M17MLH yang koslet pin proteknya yaitu jurus memberikan tegangan sesaat arus kuat tujuannya mudah mudahan yang koslet bisa putus/terbakar sekalian.

Mulai menghidupkan TV dan pada posisi standby ambil kabel tester dihubungkan dengan tegangan 7V pada out inverter.
Perlahan2 coba menghubungkan sesaat pada pin BCL IN.....dan TIK.... terdengar bunyi entah darimana sepertinya dari dalam IC tsb.
Antara hidup atau mati ini IC sambil tekan tombol cannel...dan byar...TV masih menyala dan TV bisa terang/kontras kembali sambil diukur pada pin BCL IN sudah ada tegangan 4V.

Setelah di hidupkan lebih kurang setengah jam sambil ngupi2 ahirnya bayaran juga..
Ada suara tapi tidak ada gambar.

  1. Cek tegangan Katoda RGB terukur 180v hampir sama dengan dengan tegangan Suplynya 200V.
  2. Putar screen tetap tidak mau muncul gambar hanya blank putih dan bergaris.
  3. Ganti IC RGB TDA6107 / 6108 tidak membuahkan hasil.
  4. Cek Solder ulang IC Gambar, ganti elco, tidak berpengaruh.
  5. Cek tegangan IC vertikal dan elco2nya semuanya masih OK.

Akhirnya diputuskan kembali ke blok matrik RGB kemungkinan Cut off.
Cek tegangan IK / BLK IN pada IC TDA 6107 ada 3V. Tegangan input RGB 1V karena cut off.
Rangkain pada IC ini sangat sederhana dan ahirnya kucoba periksa semua R dan nilainya masih terukur normal.

Tanpa ragu2 mengganti semua R yang ada hanya 6 buah. Hidupkan tv dan sambil putar screen...........!!!! akhirnya gambar sudah bisa muncul..

Kemudian masuk menu service dengan menekan STANDBY>DISPLY>MENU>MUTE>POWER ON dan masuk ke menu adjust G2 sambil diputar hingga muncul disply OK dan selesai.
Tv ini menggunakan IC tunggal yaitu SUSOC LA76919FB 6AD0R. Kerusakan pada TV ini sering protek Penyebabnya adalah PIN 30 pada IC tersebut terukur 0 atau 0,5V. Ini disebabkan karena IC vertikal rusak atau kerusakan pada Horizontal dan memberikan sinyal pada basis TR rangkain proteksi sehingga Colector TR yg terhubung dgn PIN IC tersebut menjadi cut off menjadi 0V dan protek.

Tapi ada lagi yang sering terjadi pada TV ini pin PROTECT kehilangan tegangan 5V karena SHORT pada IC. Biasanya sering terjadi karena kena cipratan / radiasi petir. Gejalanya TV ditekan power led berkedip kemudian muncul gambar dan suara sesaat dan kembali standby. Kerusakan seperti ini untung - untungan bisa hdup kembali atau tidak. Caranya dengan memberikan arus kuat 5V pada pin tsb atau menjamper R 1K dari 5V ke PIN tsb hingga pada pin tsb terukur tegangan 5V. Kemungkinan didalam IC ada dioda atau C yg koslet dan setelah diberikan arus kuat akan terbakar dan tidak koslet lagi. Ini menurut teori saya.

Perlu diingat TV ini juga rentan sekali IC Eepromnya. Matikanlah TV dengan menggunakan Remote terlebih dulu sebelum menekan tombol Power.
Kerusakan eeprom juga bisa menyebabkan TV tidak bisa ON dan kerusakan pada gambar.

TV SAMSUNG Slim 29" ada suara dan osd tapi
tdk ada gambar alias blank hitam, Ahirnya saya ambl remote, tekan STANDBY, INFO,
MENU, MUTE, POWER ON..TV hidup gambarpun muncul tapi timbul masalah
baru gambar ber_kedip2 sebentar fokus sebentar kabur dan sepertinya ada suara tik..tik..tik pada CRT. Trik pertama dgn mengganti soket CRT tidak berhasil, Pikiran saya pun menerawang jauh dan teringat pada TV sony yang kasusnya
seperti ini yaitu flyback tdk beres. Akhirnya perburuan FBT JF0501 - 91911 (FQH29A003) dimulai dan tidak mendapatkan hasil dan dengan terpaksa mencari pengganti yaitu dengan FUH29A001. Setelah FBT dipasang Gambar normal hanya kurang lebar sedikit dan setelah di SERMOD gambar OK.

Setelah beberapa menit dihidupkan saya pegang heatsink TR Horizontal...saya kaget sekali karena heatsink sangat panas yang akhirnya saya berkesimpulan TR tidak cocok dan saya coba dengan J6810 panasnya normal TV pun OK.

Dan setelah beberapa jam dihidupkan mulai kelihatan lagi kekurangannya sepertinya tegangan Vertikal kurang, seharusnya + dan -16,5v ternyata hanya terukur 14v ternyata masih ada bonus tambahan dan dengan menambahkan lilitan kabel di flyback akhirnya dapat juga tegangan yang diinginkan. TV pun sempurna OK...!!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar