Rabu, 02 Maret 2011

service tv polytron

Setelah pengecekan kerusakan pada power suply.


  1. Sekering putus.
  2. TR FET FS7UM terukur short.
  3. TR C1815 dan A1015 juga short. Dioda zener 12v, dioda IN4743 (DZ 13V) dan IN4742 (DZ 12V) terukur short.
  4. Jangan lupa mengecek Dioda B+ 115v karena bila dioda ini short maka TR FET langsung jebol.
  5. Atau bila IC optocoupler rusak maka FET ikut rusak.

Setelah penggantian komponen2 tersebut tanpa TR FET Cek tegangan input (G) harus 4 - 5v.
Dan setelah dipasang TR FET FS7UM Tekan tombol dan TV sudah kembali OK..

POLYTRON Jadul 14" Gambar kadang normal tapi kadang tidak muncul hanya bergaris garis berjalan turun naik kekiri dan kenanan seperti kehilangan sincronisasi. Setelah pengecekan pada jalur AFC yang di ambil dari AC 185v dari FBT di copel melalui C dan di bypass oleh dioda dan C ke ground kemudian dihubungkan dengan R 10...K 1/4 w yang ternyata semuanya masih bagus dan masih tersambung ke pin IC TDA 8361 pada pin Sinc sparator. Setelah penyolderan ulang bagian yang kendor2 mulailah menghidupkan TV dan gambarpun normal kembali, setelah beberapa menit gambar mulai berkedip dan ahirnya kembali seperti semula kehilangan sincronisasi. Akhirnya saya tidak ragu2 lagi langsung saja mengganti IC TDA8361 yang bekasan yang masih hidup hanya rusak pada bagian Video input untuk VCD/DVD. Dan ternyata TV langsung OK.. setelah beberapa lama dan tv tidak berubah masih tetap normal akhirnya saya membelikan IC yang baru yang harganya lumayan mahal Rp 80.000,', ada juga OM 8361 yg harganya Rp 50.000,' tapi kebetulan sedang habis. Dan setelah dipasang IC..TV langsung OK..! dan AV pun sudah berfungsi kembali. Demikian sekedar info semoga bermanfaat.

Kerusakan yg sering terjadi pada Polytron Minimax

1- TV standby karena program tidak bekerja disebabkan karena suply tegangan di IC program/control drop bila kita ukur tidak ada 5V pada saat kita hidupkan. Ini disebabkan karena elco 10uf63V melemah. Pada saat standby pada titik elco tsb ada 8 - 10v dan setelah tv hidup akan naik menjadi 50v untuk suply TR Horizontal driver.

2- R 330 ohm/ DZ5,6V / TR C2328A pada regulator 5V suply IC Program sering rusak disebabkan gagalnya TR swicth B1186A/A1023 memutus arus dari tegangan 50V tadi, karena setelah tv on Suply IC program hanya dari 12/14V pada output inverter. Solusinya kurangi tegangan Basis C1815 (drive TR A1023) dengan merubah R ke ground yng tadinya 2K2 menjadi 1K atau mengecilkan R dari pin Power on/off ic program. Pada saat OFF ada tegangan 5v dan pada saat ON menjadi 0v.
Rusaknya komponen2 tsb juga bisa mengakibatkan DZ5V pada PCB panel tombol ikut short.
Hilangnya tegangan 5v untuk tegangan IC program mengakibatkan tv menyala blank putih tanpa raster dengan layar menyempit kiri dan kanan.

3- Pertama tekan power tv hidup dan ada gambar setelah beberapa detik kemudian tv standby. Ini sering terjadi pada tv polytron generasi sesudah minimax yang menggunakan satu IC (Program dan gambar). Pada kasus seperti ini masih sama dengan tv2 merek lain disebabkan karena ada gangguan di IC vertical sehingga protek. Ganti elco yg terhubung ke pin IC yg ada tulisan PROTECT. Pada pin tsb harus ada tegangan 4 atau 5v. Pada IC vertikal ganti elco 50v1uf dan elco 50v10uf.


4- Kerusakan power suply sering terjadi karena DIODA R3GP/ R6GP 29 inch pada tegangan B+ sering short yang mengakibatkan Shortnya TR fet S7N60A/ FS 7UM/ FS1OKM disertai rusaknya komponen pendukung seprti R, TR dan DIODA.
Kerusakan yang sama juga bisa disebabkan karena optocoupler.
Salah mengganti dioda pada rangkaian regulator bisa menyebabkan Power suply drop.

5- Selain kerusakan seperti diatas masih banyak lagi kerusakan2 lainnya seperti:
Hilang suara yang disebabkan IC AN5891K rusak, atau kerusakan yang disebabkan rusak DATA atau corupt.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar