GAMBAR ATAS

MENU ATAS

TV LG Super Slim IC OICTMSA003F_LG631_9R_58R7 dan ada IC Suara LV1116N.
Kerusakan Pertama on Gambar dan suara normal dan setelah 2 atau 3 detik suara langsung besar kadang hilang, setelah pengecekan diketahui:
  1. SCL drop menjadi 3v dan berubah2
  2. SDA normal 4 vol lebih dan mendut2.
  3. Remote dan Tombol panel jadi belet.
  4. Angkat IC LV1116 dan TUNER sama saja SCL tetap drop.
  5. Ganti IC memory copian juga sama saja. (Download eeprom disini..)
Setelah dipegang IC utama tadi kayanya panasnya agak berlebihan.
Sepertinya kerusakan memang pada IC utama.

Langsung hunting IC OICTMSA003F_LG631_9R_58R7 di daerah Bekasi dan dapat juga IC tsb. Setelah dipasang walau deg2an dan Alhamdulillah langsung OK!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
Hasil pemeriksaan ditemukan TR Horizontal D2092 dan TR fet K2961 jebol penyebabnya adalah C12n2000v kering.
Setelah penggantian komponen2 yang rusak dan tv dihidupkan saya dapatkan TR horizontal cepat panas dan gambar kurang melebar. Akhirnya coba mengganti Capasitornya dengan 2 x 6n2 yang stu dipasang ditempat semula dan yang satunya di paralel dengan dioda dumpernya dan setelah dihidupkan tv sudah kelihatan hampir sempurna gambarnya tapi setelah disentuh TR horizontalnya masih sama panasnya cepat meningkat.

Apa penyebabnya..?? semua elco sudah diperiksa dan diganti yang mencurigakan dan hasilnya tetap sama. Akhirnya coba gonta-ganti TRnya hingga ahirnya dapat TT2222 punya Samsung. Setelah dicoba beberapa menit hingga berjam2 tidak ada masalah.

Yang mengherankan kenapa dengan TR yang sama tv tidak bisa bertahan, apakah TRnya gak asli, atau ada masalah pada flyback, tapi gambar normal. Beda dengan LG Ultra Slim setelah ganti komponen yang sama TV kembali OK..

Jangan salah mengganti R tegangan dari B+ ke Flyback, ganti dengan minimal 1 atau 0,5 ohm. karena bila ada selisih tegangan 1volt maka tv akan protek, karena ada sensor tegangan B+ yaitu TR PNP BFxxx, bisa juga diganti dgn A1015.

Kerusakan lain Tv LG adalah setelah dihidupkan beberapa menit atau beberapa jam tiba-tiba Tv Standby kadang mati total, ini disebabkan power suply sudah melemah akibat pemakaian dan suhu yang panas contohnya LG yang menggunakan STR W6754 ( seperti yang dipakai Tv Sharp )

Ketinggian / over vertikal size akan mengakibatkan cut off pada gambar, contohnya setelah penggantian yoke yang beda nilai ohm vertikalnya gambar dan suara tidak muncul. Caranya besarkan nilai Ohm R ke ground pada out Vertikal setelah muncul gambar diatur lagi melalui service mode.Sering menemukan TV LG kondisi mati total. Setelah pengecekan ternyata TR Hor short/koslet sehingga semua tegangan output inverter drop. Mulailah dengan pengangkatan TR tsb dan mengecek kembali tegangannya dan ternyata normal. Jangan dulu mengganti dengan TR yang baru karena pasti kau akan kehilangan TR tsb karena pasti akan jebol lagi, untung kalo langsung hidup dan normal. Setelah pengecekan pada block Horizontal out ternyata ada capasitor yang yang agak gendut dan setelah diangkat ternyata memang sudah kering tidak ada nilai kapsitasnya. Capasitor ini terletak pada Colector TR Hor dibypass ke ground yng diparalel denagan Dioda. Untuk LG slim 21" inch biasanya menggunakan 183j 2kv (18n 2kv) untuk yang pearl black 29" menggunakan 103j2kv (10n 2kv). Setelah penggantian capasitor tsb dan TR Hor yang baru mulai menghidupkan TV dan ternyata TV langsung OK.

Pernah juga menemukan TV LG pearl balck 29" kondisi gambar melebar dan sehingga OSD hanya keliahatan separo. Seperti biasa pengacekan masih pada bagian Horizontal. Awalnya mengira pada TR FET drive Hor wide yang rusak dan setelah diangkat dan diukur ternyata FET tsb masih bagus. Dan mulailah kelihatan bagian yang rusak ada elco 250v1uf yang yang sudah mulai gendut dan setelah diganti gambar masih tetap sama. Dan mulai mencari lagi apanya yang rusak, dan sepertinya mulai ketemu penyakit yg sebenarnya setelah saya mendapatkan Capasitor 154J 600V kelihatan agak gemuk. Mulai mengangkat C tsb dan mengukurnya dengan tester x10K dan ternyata tester tidak bergerak sama sekali pertanda C sudah kering. Mulai mengganti capasitor tsb, karena tidak punya C yang sama hanya yang ada 204J 250V akhirnya terpaksa diganti dgn yang ini. Mulailah dgn menghidupkan TV dan gambarpun sudah tidak melebar lagi kelihatan sudah normal hanya kurang lebar satu CM karena Capasitornya tidak sama. Mulailah masuk ke menu service dengan menekan MENU di panel 2 kali tahan lalu tekan MENU di remot dan menambahkan nilai HOR WIDE hingga kelebaran gambar sesuai dan dengan menekan OK di remot untuk menyimpan settingan lalu tekan AV untuk keluar. Maka selesailah sudah TV kembali OK...!!!!

1 komentar:

  1. "Asskum" slam knl pak senior dr endik s"pakel-sukoreno-prigen-pasuruan -jawa timur.sy mpnyai masalah servisan spt ksus yg d atas tpi krusakannya beda dikit"tv gmbr ok..suara tdk bsa d kecilin/di besarin n tombol g berfungsi apakah unsur kerusakannya sama2 ic nya spt yg d atas: mohon petunjuk dri senior "biar semakin akrab" :via SMS 0856755204324/email:endiksampurno@yahoo.co.id.

    BalasHapus